We Are in

Semangat Menulis dari Anjar Lembayung




Salah satu penulis AE yang akan kita bahas bernama Anjar. Mempunyai nama lengkap Anjar Lembayung. Teman-teman dekat dan kerabatnya biasan memanggil dengan sapaan Anjar. Untuk nama pena, kak Anjar belum mengadopsinya dalam dunia kepenulisan yang ia geluti.

Alasannya dalam menerbitkan buku sendiri karena kak Anjar merasa dia sangat menghargai setiap tulisan yang ia tulis. Kak Anjar akan merasa puas jika ada banyak orang yang bisa membaca tulisannya, apalagi jika pembaca member tanggapan atas karyanya. 

Melihat dari kiprahnya di dunia kepenulisan. Rupanya kak Anjar memang dari awal sudah bercita-cita menjadi seorang penulis. Kak Anjar menyukai menulis sejak di bangku SMP dan mempikan menjadi seorang penulis di usianya yang masih remaja. 


Pada awalnya, sang ibu tidak mendukung keputusan kak Anjar untuk menjadi penulis. Dengan alasan, kerja kerasnya setiap malam yang harus begadang demi DL yang hanya mendapatkan hadiah kecil dari sebuah event yang di adakan oleh beberapa penerbit, sangatlah tidak sepadan. Ya, ibunda kak Anjar ingin sekali anaknya menjadi seorang guru. Yang sesuai dengan gelar kak Anjar yaitu PGSD. Akan tetapi kak Anjar tidak menyerah dan bekerja keras untuk menjadi seorang penulis. 

Kerja keras kak Anjar sepertinya berhasil meluluhkan hati sang ibunda. Terbukti, saat ia lolos seleksi  di AE Publishing dan bukunya yang berjudul Selebgram in Love di terbitkan secara gratis, ibu kak Anjar berubah pikiran. Ibu kak Anjar malah bangga dengan pekerjaan anaknya sebagai penulis, dan menyarankan agar kak Anjar bisa menjadi penulis dan editor yang baik.

Selain menulis, kak Anjar juga seorang ibu rumah tangga. Dalam kesehariannya, kak Anjar biasa menulis sambil mengurus keluarganya. Sosok ibu rumah tangga yang baik yaa. ^^ Tak jarang kak Anjar juga menerima beberapa job lain, seperti editing dan proofing naskah dari penerbit indie. 



Di malam hari dengan suasanya hening adalah waktu yang di gunakan kak Anjar untuk menulis. Mungkin karena kesibukannya sebagai ibu yang mengharuskannya untuk mengurus pekerjaan rumah di siang hari. Jadi waktu malam di gunakan untuk menulis dan menorehkan ide-ide nya. 

Untuk menjadi seorang penulis yang produktif seperti kak Anjar, tentunya tidak segampang kelihatnnya. Butuh kerja keras dan ketekunan. Menurut kak Anjar, ada beberapa tips agar bisa menjadi penulis produktif sepertinya. 

1. Disiplin 

2. Konsekuen dengan apa yang di tulis, dalam arti ketika mulai menciptakan sebuah karya (read :            novel) maka harus di selesaikan sampai ending.

3. Bertanggungjawab 

4. Banyak mebaca untuk memperbanyak kosa kata dan menambah inspirasi dalam menulis. 

Untuk pembaca, kak Anjar percaya jika setiap pembaca sejati pasti tidak akan pilih-pilih tentang apa yang di baca. Karena denga begitu, wawasan akan semakin luas. Jadi intinya, kak Anjar juga menyarankan agar tidak pilih-pilih dalam membaca buku. Semakin banyak membaca semakin banyak ilmu dan wawasan yang di peroleh. Siapa tahu bisa menjadi penulis seperti kak Anjar. :D Amiin.


Mengingat sekarang ini banyak penerbitan yang tidak bertanggungjawab. Kak, Anjar merasa lebih percaya kepada AE Publishing untuk menerbitkan karyanya. Menurut kak Anjar, AE adalah penerbik terbaik dan berkualitas. Saya kira cukup banyak hal-hal yang bisa di pelajari dari penulis kece ini. Ibu muda yang juga menjadi penulis produktif. Semoga tips dari kak Anjar bisa membantu para pembaca dan penulis baru yang ingin berkarya. 

Bagi yang ingin berinteraksi dengan kak Anjar, bisa melalui akun sosial media pribadinya.

FB : Anjar Lembayung 

IG : @anjar_lembayung 

E-mail : anjar.lembayung@yahoo.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Semangat Menulis dari Anjar Lembayung "

Posting Komentar