We Are in

MoU Penulis



SURAT PERJANJIAN KERJASAMA




Pada hari …, ………………. di Malang, kami yang bertanda tangan dibawah ini :
           
1.    Nama                    : Khoirun Nisa
Jabatan                 : Pimpinan
Alamat Kantor      : Jl. Banurejo B no.17
                               Kepanjen - Malang
Telp                      : 0341- 2414 877 / 085 10 3414 877

Dalam hal ini bertindak dan atas nama AE Publishing
yang selanjutnya disebut Pihak Pertama

2.    Nama                    :
       Sebagai                 :
Alamat                 :
Telp / HP              :
Nomor Rekening  :


Dalam hal ini bertindak dengan dan atas nama Pemilik / Penulis / Koordinator buku yang berjudul ……..….
yang selanjutnya disebut Pihak Kedua


Kedua belah pihak dengan ini sepakat mengadakan perjanjian kerjasama pemasaran buku yang dinyatakan dalam pasal-pasal sebagai berikut :


Pasal 1
Kesepakatan kerja sama antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua adalah dalam kegiatan penerbitan naskah buku berjudul “………………”, yang merupakan karya Pihak Kedua. 


Pasal 2
Pihak Kedua menjamin Pihak Pertama, bahwa Pihak Pertama adalah satu-satunya pihak yang diberi hak dan kewenangan oleh Pihak Kedua untuk mempublikasikan, memperbanyak, dan mentranslate naskah tersebut ke dalam bahasa lain. 


Pasal 3
Pihak Pertama akan mencetak buku hasil karya Pihak Kedua hanya ketika ada pemesanan. Penjualan dan promosi buku dilakukan melalui media online (facebook dan website).

Untuk buku dengan kualitas tertentu, akan didistribusikan ke toko buku offline dalam jumlah terbatas. Penulis akan dikonfirmasi sebelumnya.



Pasal 4
a.  Pihak Pertama akan memberikan imbalan kepada Pihak Kedua berupa royalti. 
b.  Nominal royalti sebesar 10% dari harga jual atau sesuai kesepakatan. Jika penulis tidak memberi kabar harga buku, maka harga ditentukan oleh penerbit. 
c.  Pihak Kedua berhak mendapatkan 4 (satu) eksemplar buku sebagai contoh buku terbit atau sesuai paket yang dipilih.
d. Pihak Pertama mendapatkan 2 (dua) eksemplar buku yang akan dikirimkan kepada perpustakaan nasional untuk pemantauan penggunaan ISBN.
e.  Pihak Pertama mencetak  2 (dua) eksemplar buku sebagai bukti penerbitan.
f.  Pihak Pertama akan melaporkan secara real time jumlah penjualan kepada Pihak Kedua. Royalti akan ditransfer setiap 30 hari setelah buku terbit.
g. Royalti akan ditransfer ke Nomor Rekening yang tercantum di atas dengan ketentuan minimal royalti yang terkumpul adalah Rp. 50.000,-. Jika ada biaya transfer antar bank, maka ditanggung Pihak Kedua.
  

Pasal 5
Pihak Pertama mempunyai hak untuk menerbitkan  dan mempublikasikan buku hingga batas waktu di mana Pihak Kedua membatalkan kerja sama ini dengan mengirimkan surat pernyataan pencabutan hak terbit disertai tanda tangan di atas materai.


Pasal 6
a.    Isi seluruh naskah buku di luar tanggung jawab Pihak Pertama. Oleh karenanya, apabila ada permasalahan hukum yang bersangkutan dengan isi, maka Pihak Pertama lepas dari tanggung jawab.
b.    Hal-hal yang tercantumkan pada materi cara penerbitan buku di AE Publishing yang pernah dipublish mempunyai kekuatan hukum seperti pasal-pasal dalam Kontrak Kerja Sama ini.
c.    Hal-hal yang belum tercantum dalam Kontrak Kerja Sama akan dibicarakan dan diputuskan oleh kedua belah pihak dan keputusan tersebut mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan Kontrak Kerja Sama. 
d.    Bila antara kedua belah pihak terjadi perbedaan pendapat dalam pelaksanaan perjanjian, maka akan diadakan musyawarah secara baik-baik.
e.         Apabila musyawarah yang dilakukan tidak mencapai mufakat, maka kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan melalui proses hukum pada Pengadilan Negeri Malang.
f.     Mengenai hal-hal lain yang belum tercantum dalam kesepakatan di atas akan dimasukkan dalam Pasal Tambahan yang tidak terpisahkan dengan perjanjian sebelumnya
g.    Perjanjian ini efektif berlaku sejak tanggal buku diterbitkan oleh AE Publishing dalam bentuk fisik dan berakhir apabila ada kesepakatan dari kedua belah pihak.
h.    Perjanjian ini dibuat rangkap dua dan ditanda tangani kedua belah pihak (jika ingin kekuatan hukum), diberi materai cukup dan berlaku sama dalam kedudukan hukum. 



Malang, ………………………


Pihak Kedua,                                                                   Pihak Pertama,





…………………………..                                               Khoirun Nisa
Koordinator / Pemilik Naskah                                         Pimpinan AE Publishing

15 Responses to "MoU Penulis"

  1. kalau untuk paket yang 400rb itu, pakai MoU mba?

    BalasHapus
  2. Hallo mat siang Ibu Anisa. Sya mau nanya , saya punya naskah buku udah siap di cetak dan diterbitkan, Saya ingin untuk dapat ISBN dan ditcetak terbatas misalnya 50 buku oleh AE Publishing. gimana caranya atau prosedurnya? terimakasih. John. Malang Jawa Timur. email: hendromed@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang juga, Pak.
      Akan kami hubungi via email. :)

      Hapus
  3. assalamu'alaikum bu Anisa. Saya mau nanya , saya punya naskah buku udah siap di cetak dan diterbitkan, Saya ingin untuk dapat ISBN dan dicetak terbatas misalnya 20 buku oleh AE Publishing.
    bagimana caranya atau prosedurnya?
    ini email saya herman.thulanx19@gmail.com
    terima kasih..

    wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam, sudah diemail, ya :)

      Hapus
  4. Saya ingin urus untuk terbit ISBN buku saya dan hanya ingin cetak ketika ada pesanan saja bagaimana caranya... mohon bantuan AE Publishing. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, silakan hubungi kami via WA/SMS ke 085103414877

      Hapus
  5. wah, menarik sekali. Kebetulan ada temen yang mau menerbitkan buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo. ^_^ Ada empat paket di penerbitan kami. ^_^

      Hapus
  6. Hallo. Untuk tiap paket itu jumlah eksemplar yang dipublish ke toko buku offline brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo juga. :) Tidak ada yang dipublish ke toko buku offline, kecuali penulis bersedia cetak dalam jumlah tertentu untuk bisa sampai ke toko buku. :)

      Hapus
  7. Siang kak, mau tanya untuk penjualan buku hanya melalui ae publishing atau bisa di jual penulis secara mandiri kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjualan tetap oleh penulis, AE hanya membantu promosi :)

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus